Sunday, September 3, 2017

MANFAAT COKELAT YANG TAK PERNAH DISANGKA


Manfaat Cokelat yang Tidak Pernah Disangka
Cokelat dapat menjaga otak tetap sehat dan meminimalisir gejala pikun bagi orang tua. Manfaat lainnya?

Cokelat menjadi makanan favorit bagi sebagian orang. Bukan hanya rasanya yang lezat dan membuat kita ketagihan tetapi juga karena cokelat baik bagi kesehatan.

Bukti terbaru tertulis dalam jurnal Neurology, ilmuwan mengungkap bahwa cokelat dapat menjaga otak para orang tua tetap sehat dan pikiran mereka tetap tajam, dengan kata lain meminimalisir gejala pikun bagi orang tua.

Pada percobaan, peserta penelitian yang minum dua cangkir cokelat setiap hari selama 30 hari menunjukkan peningkatan aliran darah ke otak sebesar 8,3 persen. Dan hebatnya lagi, skor mereka dalam tes memori dan berpikir, meningkat lebih baik. Ini jelas merupakan temuan yang menjanjikan. Tapi ini bukanlah satu-satunya manfaat jika Anda mengonsumsi cokelat.

Cokelat juga bermanfaat bagi kesehatan jantung. Jika Anda mengonsumsi cokelat harian, dapat mengurangi risiko serangan jantung dan stroke. Meskipun cokelat memiliki rasa manis, mengandung lemak, dan diklaim dapat membuat badan menjadi gemuk, yang terjadi justru sebaliknya. Namun sebuah studi menemukan bahwa orang yang mengonsumsi cokelat secara teratur cenderung memilki badan yang lebih langsing dibanding mereka yang tidak.

Dalam studi yang diterbitkan dalam jurnal Archives of Internal Medicine tahun 2012, orang-orang yang mengaku makan cokelat lima kali setiap minggunya memiliki Indeks Masa Tubuh yang lebih rendah dibandingkan mereka yang jarang mengonsumsi. 

Jika Anda kecanduan terhadap cokelat, Anda mungkin lebih sedikit mengonsumsi kalori daripada jika Anda menghindari untuk memakannya. Meskipun begitu, ada baiknya Anda memahami bagaimana mengonsumsi cokelat dengan cerdas. Berikut beberapa tips untuk memilih cokelat berkualitas tinggi, sehingga Anda dapat mempertahankan semua kebaikan gizi yang terkandung di dalamnya. 

Semakin gelap cokelat semakin baik untuk kesehatan
Cokelat yang masih murni memang memiliki rasa yang cukup pahit, itulah sebabnya mengapa cokelat biasanya sudah dikombinasikan dengan bahan-bahan lain jika sudah dalam bentuk cokelat batangan. Namun demikian, cokelat batangan juga mengandung komposisi yang baik seperti serat, magnesium, dan antioksidan.

Cokelat panas baik untuk kesehatan
Membuat secangkir cokelat panas buatan Anda sendiri tentu mendatangkan cita rasa dan kenikmatan tersendiri, selain itu tentunya lebih baik untuk kesehatan Anda. Untuk meningkatkan kandungan nutrisi pada cokelat panas, sebaiknya Anda membeli cokelat bubuk tanpa pemanis kemudian menambahkan pemanis buatan sendiri. Tetaplah pertahankan cokelat untuk tetap hitam.

Mengonsumsi cokelat dengan kreatif
Jika Anda tidak menyukai konsumsi cokelat hitam dan malas mengonsumsi cokelat secara teratur, Anda memiliki beberapa pilihan bagaimana mengonsumsi cokelat. Mungkin Anda dapat bubuhkan cokelat pada saat mengonsumsi oatmeal atau sereal dingin.

Sumber: Live Science

No comments:

Post a Comment